- Back to Home »
- Green Dragon Nest Guide
Posted by : Unknown
Rabu, 05 Februari 2014
Green Dragon Nest Guide
Stage 1: Fallen Bishop Geneus
* Lemah terhadap light, kebal dark
* Crit resist 5000
Akan ada 4 Archbishop. Mereka tidak akan aktif jika tidak didekati. Disarankan untuk membunuh mereka satu persatu secara terpisah.
Gunakan skill jarak jauh (Fireball atau Gravity Ball) untuk memancing 1 Archbishop ke party, Pastikan Anda memancingnya jauh dari Archbishop lainnya, Paladin segera menyusul dengan provoke. Party yg lain memburu para mobs(momon kroco), mereka mudah dibunuh bila tidak mendapatkan aura dari Archbishop.
Semua mobs harus dibunuh sebelum menyerang Archbishop, Bishop akan bangkit kembali apabila ada 1 mob yg hidup.
*Mobs Assasin akan kebal beberapa kali.
**Tiap bangkit dari mati, Archbishop menjadi semakin kuat dan semakin sulit dibunuh.
Tiap waktu tertentu, Bishop akan summon Punisher. Pastikan Punisher tidak mendekati Bishop karena Archbishop mengeluarkan aura hitam yg memperkuat Punisher, membuatnya 10kali lebih sulit untuk dibunuh. 5-6 members segera membunuh Punisher ketika Paladin terus-menerus provoke Bishop.
*Punisher & mobs bisa dihentikan dengan Time Stop, Gravity Ascension, Wax dan skill disable lainnya.
Skills Bishop: Time Stop, Gravity Ascension, Yellow Laser
Skills Punisher: Jumping Stomp (tidak seluruh layar), Spinning attack.
Stage 2 : Swamp Golem Morgon
* lemah terhadap fire, kebal dark dan ice
* Crit resist 6250
Saat boss muncul, segeraperintahkan Saint untuk buff Anda atau beri tugas seseorang untuk memulai timer. tiap 40 detik, bersiap-siap untuk mengaktifkan Life Geyser! (Semua buff akan hilang ketika mencapai geyser. Debuff tetap ada.)
Notifikasi akan muncul tiap 50 detik (setelah mencapai Life Geyser) dan Poison Gas akan menyebar. Satu dari 5 platforms di map akan menyala. Semua party harus menuju Life Geyser yg dihasilkan oleh platform untuk bertahan dari AOE Poison.
*Anda hanya memiliki 5 detik untuk menuju platform yg tepat.
1 Priest cast Miracle relic beberapa detik setelah menuju Life geyser. Party harus memanfaatkan 18 detik untuk DPS maksimal! saat Miracle relic berakhir, Mercenary casts Panic Howl untuk memastikan party tidak knocked down (jatuh terlentang tiduran di tanah) sebelum kembali ke Life Geyser.
Semua party berkumpul di tengah dan bersiap untuk berlari setelah ~40 detik berlalu setelah AOE Poison, Priests cast cure relic sementara Acrobat atau Tinkerer cast speedup buff untuk membantu party menuju Life Geyser dengan cepat.
*Paladin disarankan untuk provoke boss di arah jam 2 dari map karena tidak ada geyser di sana. Boss bisa menutupi pandangan party saat mencari geyser.
*Zoom mini map Anda. gunakan chat F1-F6 untuk memberi tahu di mana life geyser yg aktif.
*JANGAN cast Shield Block saat berlari menuju Life Geyser karena serangan bunga bisa memperlambat Anda.
Serangan dasar Morgon
* Hook Punch
* Raise Leg Stomp: Tidak seluruh area, Hanya AOE kecil disekitar. Anda tidak akan terkena hit jika berada di arah jam 3,6,9,12 di sekelilingnya.
* Homing Ice Ball: akan membekukan target. bisa disembuhkan dengan Curing Relic / Miracle Relic. Menyebabkan damage tambahan bila ada party lain disekitar Anda. Elemental Aura mengurangi durasi beku.
Morgon akan Berserk pada saat HP bar ketiga dan menutupi dirinya dengan Poison Mist. Semua serangannya meningkat dan berelemen dark. Berserk status memiliki durasi , tapi dia akan mengulang buff berserk sampai dirinya tewas. Berserk tidak bisa dihilangkan.
Serangan baru saat HP Bar ketiga
* Poison Wall 4 arah: tendangan melingkarnya akan memunculkan poison wall 4 arah. Dia akan mengeluarkan skill ini setelah dia mengeluarkan buff berserk. Poison status bisa disembuhkan dengan Cure relic / Miracle relic. Damage tinggi, multi hit.
* Poison Wall 1 arah: Hook punch akan memunculkan poison wall yg bergerak maju.
* Poison Geyser: Raise Leg Stomp akan bertambah AOEnya dan Poison Geyser akan muncul setelah injakan (AoE luas tapi tidak seluruh layar). 4 baris geyser akan muncul, muncul dari dirinya menuju party. memiliki efek mengejar, hsulit dihindari kecuali Anda sangat jauh.
*Back-sitting Attack(Serangan Duduk ke Belakang): casting cepat. Kepala menoleh ke kiri sebelum casting, dapat menyebabkan pingsan (faint). menyerang area tepat dibelakang boss. Damage besar.
* Hook Punch
* Raise Leg Stomp: Tidak seluruh area, Hanya AOE kecil disekitar. Anda tidak akan terkena hit jika berada di arah jam 3,6,9,12 di sekelilingnya.
* Homing Ice Ball: akan membekukan target. bisa disembuhkan dengan Curing Relic / Miracle Relic. Menyebabkan damage tambahan bila ada party lain disekitar Anda. Elemental Aura mengurangi durasi beku.
Morgon akan Berserk pada saat HP bar ketiga dan menutupi dirinya dengan Poison Mist. Semua serangannya meningkat dan berelemen dark. Berserk status memiliki durasi , tapi dia akan mengulang buff berserk sampai dirinya tewas. Berserk tidak bisa dihilangkan.
Serangan baru saat HP Bar ketiga
* Poison Wall 4 arah: tendangan melingkarnya akan memunculkan poison wall 4 arah. Dia akan mengeluarkan skill ini setelah dia mengeluarkan buff berserk. Poison status bisa disembuhkan dengan Cure relic / Miracle relic. Damage tinggi, multi hit.
* Poison Wall 1 arah: Hook punch akan memunculkan poison wall yg bergerak maju.
* Poison Geyser: Raise Leg Stomp akan bertambah AOEnya dan Poison Geyser akan muncul setelah injakan (AoE luas tapi tidak seluruh layar). 4 baris geyser akan muncul, muncul dari dirinya menuju party. memiliki efek mengejar, hsulit dihindari kecuali Anda sangat jauh.
*Back-sitting Attack(Serangan Duduk ke Belakang): casting cepat. Kepala menoleh ke kiri sebelum casting, dapat menyebabkan pingsan (faint). menyerang area tepat dibelakang boss. Damage besar.
* Confusion Cloud: Memuntahkan poison cloud ke arah depan. menghilangkan semua buff. Akan menerima debuff Confusion (Icon "?!" akan muncul bila terkena). arah gerak (kanan-kiri dan maju-mundur) akan ditukar. bisa disembuhkan dengan Curing Relic / Miracle Relic / Relief. Bisa menggunakan auto run untuk berjalan maju.
Serangan baru di HP Bar Terakhir
* 3-Hit Stomp (Mirip Bishop Golem): mengangkat tangan kanan, dan menghantam lantai sebanyak 3 kali. Serangan seluruh layar. Bisa dihindari dengan melompat, dodging, atau skill yg mengurangi damage. Damage sangat besar.
* Jumping stomp: Mulut terbuka lebar, Kedua tangan setinggi pinggang, melompat tinggi dan menghentak. Damage sangat besar. menyebabkan Faint. serangan seluruh layar. hindari dengan melompat.
Stage 3: One-eyed Kraken
* Lemah terhadap dark, kebal light
* Crit resist 5000
* Lemah terhadap dark, kebal light
* Crit resist 5000
Stage ini mirip stage 3 Lava Golem di SDN. Setelah muncul peringatan, Setiap party harus berlindung di belakang patung (Statue). 1 orang per patung, atau seluruh party akan tewas.
bagi party menjadi 2, 4 ambil patung kiri dan 4 ambil patung kanan.
Setelah masuk, jangan langsung menyerang boss. pergi ke patung bagian Anda, perhatikan pola serangannya dan bersiap untuk curse beam. Menyerang langsung hanya jika Anda sudah terbiasa dengan stage ini.
Curse Beam:
Pertama, akan ada 5 detik hitungan mundur. setelah 2 detik, Kraken akan cast Confusion Roar untuk memukul mundur party. Serangan ini tidak bisa diblock/dihindari. Jika terkena, akan mendapatkan confusion debuff. arah gerak akan tertukar. setelah 5 detik, Kraken akan cast Curse Beam. Curse Beam terjadi setiap 50~70 detik (Skill ini acak dan tidak pasti).
* Karena confusion debuff dan jeda waktu cepat sebelum curse beam, Disarankan agar party menuju patung bagiannya sebelumnya, sehingga setiap howl, tiap party berada didekat patung.
* Seluruh party akan tewas bila ada yg terlambat menuju patungnya atau ada lebih dari 1 org dalam 1 patung.
* Posisikan diri Anda menghadap patung dan gunakan arah mundur untuk maju(bila terkena confusion). Atau gunakan auto run (Default 'E'). Dengan cara ini Anda tidak akan panik dan membuat kesalahan.
* Boss akan tidur sesaat setelah Curse Beam. Inilah kesempatan untuk menghajar boss. Kembali ke patung Anda seelah boss bangun dan cast howl.
Serangan dasar Kraken:
* Summon Tentacles: memunculkan tentacle dari tanah dan menyerang party.
* Tentacle Swipe: serangan jarak dekat.
* Howl: damage kecil, efek menghempaskan party sampai jauh.
* Poison Line: barisan racun muncul dari tanah. Menerima damage berkelanjutan bila berdiri di atasnya. Damage tinggi.
Serangan baru setelah HP x3
* Homing Poison Ball: Dark elemental, memnyebabkan debuff pada party, yg mencegah party melompat untuk 5 detik. bisa disembuhkan dg cure relic. Poison Ball bisa diblock dg Relics, Mirror atau Summons.
* Poison Stomp: Damage tinggi, dark elemental. Stomp akan digunakan boss bila ada party di jangkauan Homing Poison Ball. lompat untuk menghindar. Menembus Shield Block, Parry Stance dan skill kebal lainnya. tidak bisa dihindari dgn Blink atau Tumble.
* Enrage: Buff boss yg meningkatkan damagenya.
Perubahan HP x2
* Poison Line EX: AoE poison line meningkat
* Boss semakin sering cast Enrage.
Catatan tambahan:
* Serangan boss meningkat seiring dgn waktu. Lebih banyak tentacle dgn ukuran yg membesar. (dikarenakan Enrage)
* Durasi tidur boss 20~28detik. (semakin lama semakin cepat)
* Map memiliki 14 patung. Tiap AOE poison attack akan menghancurkan 1-2 patung.. Pada akhirnya akan tersisa 8 patung.
* Urutan skill boss pada HP bar ketiga: Homing Poison Ball > Poison Stomp > Confusion Roar.
Pembagian patung:
tugaskan Elemental Lord atau Mercenary untuk mengambil patung L6 dan R6 di depan. Mereka bisa bertahan dari howl dengan super armor mereka. Untuk Elemental Lord, charge fireball tanpa menembakkannya + fire/ice shield sudah cukup untuk menahan howl. Class lainnya, coba bertahan di sisa patung lainnya.
Rewards:
* Green Dragon Gloves
* Advanced Armor, Weapon (rare) dan Diamond Potential Code
Stage 4: Swamp Queen Zeebel
* tidak memiliki kelemahan atau kekebalan elemental
* Crit resist 15000
* 2 spider queen boss, dengan pasukan laba-laba kecil...
* Scarab Swarm akan memenuhi lembah tiap 50sec. Diwajibkan untuk melompat ke atas platform terbuka di sekitar area saat timer mulai berjalan.
*hanya sedikit platform yg tidak terbuka (acak). Gagal lompat = pasti tewas. Pastikan memiliki buff super armor pada saat itu.
Serangan boss:
* Wave Attack
* Jumping Attack dengan gelombang
* menembakkan telur laba-laba - memunculkan laba-laba kecil
* Rolling Attack
* Spider Web (bind status)
* Bunuh diri (saat laba-laba akan tewas) - damage sangat tinggi.
Bee Hive
* pasukan scarab akan menyerang dari sarang lebah di dinding secara acak.
* damage tinggi
Small Spider:
* heal spider queen.
* binasakan/disable sebanyak mungkin agar tidak menggangu saat melompat
Paladin harus provoke salah satu spider queen di ujung lembah. Party lain segera bunuh spider queen lainya di ujung yg berlawanan. Laba-laba harus dijaga tetap di ujung lembah agar tidak menggangu saat melompat.
Pergi ke tengah dan bersiap untuk lompat~. Tinkerer Wax (mempermudah melompat), Mercenary super armor buff (mencegah terjatuh dan terhempas), Priest Curing Relic (Menghindari efek slow/bind)
Tehnik Flower Jumping:
lari dari spider hingga spider tidak menuntupi bunga di sekeliling saat muncul notifikasi kuning. (Saat Kalahan menyebut dirinya ganteng/handsome atau semacamnya)
Contoh 1: Spider antara flower 1-4, lari di antara flower 3-6!
Contoh 2: Spider antara flower 3-6, lari di antara flower 1-4!
[Lihat ilustrasi di atas]
Pastikan ada 2 bunga nampak di layar Anda, Cari bunga ketiga bila 2 bunga tersebut tidak terbuka. Jika 3 bunga tersebut tidak terbuka berarti bunga dibelakangmu terbuka!
Peringatan tambahan:
- HINDARI BERDIRI di tengah-tengah sarang lebah apapun risikonya! Lebih baik terkena serangan boss daripada terkena pasukan scarab.
- Cast 1 Curing Relic sebelum AoE untuk menyembuhkan Web Bind.
- Tinkerer Wax untuk membantu clerics berlari cepat.
- Force user gunakan Time Stop jika ada laba-laba di sekitar Anda setelah notofikasi kuning muncul.
Tehnik Spider Locking:
Dikontribusikan oleh chikitani
Paladin harus berdiri dan memancing aggro dari kiri L5 flower (Jadi di antara L4 dan L5, tapi berdiri tepat di sebelah L5). Ada gundukan batu yg akan memblock laba-laba di tempat, mempermudah party untuk DPS. Lihat video di bawah untuk lebih jelasnya:
Stage 5: Kalahan
Kalahan memiliki banyak EX skill milik Elemental Lord dan Force User.
Serangan dasar:
Teleport
Fire Wall EX: AoE sangat luas disekitar dirinya
Icestab EX: Beberapa baris duri ice berbentuk setengah lingkaran didepannya.
Force Wave EX: efek menghempaskan , disusul dengan efek ledakan mirip Spectrum Shower.
Serangan pada HP x3 dan selanjutnya:
Flame Road: Multi-hit dengan damage tinggi. Cast Holy Shield.
Mega Freezing Sword EX: Summon banyak Freezing Sword di seluruh zona, efek mengejar. tetap bergerak untuk menghindar.
Ice Barrier: Menyerap damage dengan barrier.
Ice Sphere: Summon bola es di atas kepalanya dan melemparkannya ke party.
Rolling Lava EX: Melempar 3 bola lava
Flame Bird EX: Flame bird yg bisa mengejar. Damage tinggi. menghilangkan buff. Bisa dihancurkan dgn skill.
Magic Missile: menembakkan banyak Magic missiles ke depan. Dark elemental.
Choke Slam: menangkap dan mencekik party member. kemudian, target akan dibanting ke tanah. Damage sangat tinggi. Serangan yg menghilangkan buff. Dapat dibatalkan dengan skill detonation milik priest.
Serangan di HP bar terakhir:
Black Hole EX: Menghilangakn semua buff. Dimulai dengan shockwave (efek hempasan) dan summon 4 black hole menjauh dari dirinya. Sangat mematikan dan efek hisap yg luas. Jika Paladin dapat memancing Kalahan ke pojok, 1 atau 2 black hole akan membentur dinding dan menghilang. CD ~60detik
Flame Tornado: Summon beberapa flame tornado yg bisa bergerak di zona. Sangat mematikan. (Safe zone - satu tempat dengan Kalahan atau sangat jauh darinya) Damage burn sangat tinggi. Harus SEGERA menyembuhkan efek burn. CD~30detik
Mega Ice Stab EX: Summon banyak Ice Stab di sekitar zona, efek mengejar. membekukan dan slow bila terkena. CD~20detik
Special Attacks
Setelah mengurangi 1 bar HP (At HP x3), Dia akan menggunakan salah satu special attack.
Dia akan menggunakannya kembali tiap 90 detik. Warna/elemen serangan ini bersifat acak.
Merah: terbang ke atas dengan bola api raksasa
Biru: terbang ke atas dengan bola es raksasa
Ungu: Summon beberapa lubang hitam yg dapat menghisap (Total annihilation palsu, tidak perlu menuju bunga jika MP masih penuh). Damage sangat tinggi dan menghilangkan buff saat meledak.
Hijau: Terbang ke atas dengan bola hijau raksasa
Serangan spesial ini bisa dihindari dengan menuju bunga dengan warna yg cocok sebelum dia cast, dalam 10 detik. Bila gagal maka seluruh party akan tewas. Tiap bunga memberi buff yg berbeda-beda (Kecuali yg hijau).
Merah: Fire Defense meningkat
Biru: Water Defense meningkat
Ungu: MP penuh kembali
Hijau: MP terkuras habis
Battle Flow
HP x 4
Paladin:
- Pancing Kalahan menuju blue flower.
kenapa blue? karena berada di pinggir. Akan membantu mengurangi jumlah black hole dan memberi ruang untuk menghindari flame tornado. Tepi biru di pilih karena party dapat mencapai bunga hijau, merah, dan ungu dengan mudah dari lokasi bunga biru. Bunga ungu berada jauh dari bunga biru dan tidak diharuskan untuk berkumpul disana untuk menghindari skill spesial.
Tambahan:
- Teruskan DPS hingga HP x3.
HP x3
Serangan spesial pertama, biasanya biru atau merah, akan dikeluarkan.
Priest:
- Gunakan Curing Relic sebelum HP x3 untuk menyembuhkan efek beku.
- Gunakan durasi buff untuk timer. setelah ~90detik dari serangan spesial pertama, serangan spesial selanjutnya akan dikeluarkan. Gunakan Curing relic untuk menyembuhkan efek beku.
Paladin:
- Gunakan Elemental Aura di sini untuk mengurangi elemental attack dan membantu membebaskan dari efek beku.
Speed-buffer:
- Gunakan speed buffer Setelah bebas dari beku untuk membantu party menuju bunga.
HP x2
Untuk party dgn kekuatan DPS menengah, Serangan spesial kedua akan muncul setelah dibawah 50% dari HP x2. Berlindung di bunga dgn warna yg sesuai.
Semua jenis serangan spesial mungkin muncul di saat ini.
Jika biru/merah, berlindung seperti sebelumnya.
Untuk serangan hijau, setelah berlindung di bunga, Ganti Senjata suffix Mana untuk recover MP.
Untuk serangan ungu, lubang hitam akan muncul dibawah Anda. SEGERA hindari lubang hitam sebelum meledak.
Mercenary:
- Jangan gunakan buff super armor. Party member Anda membutuhkan efek hempasan untuk menghindari black hole saat HP x1.
- di bagian akhir HP x2, perpindahan ke HP x1, segera gunakan Devastating Howl dan semua party lari menuju tepi lainnya (tepi bagian bunga ungu), selain MT. Devastating Howl memastikan keselamatan party saat lari.
Paladin:
- tetap bersama Kalahan untuk menjaganya di blue edge, jauh dari party lain.
Speed-buffer:
- Speed buffer membantu party members untuk lari dengan cepat.
HP x1
Tunggu casting black hole. Saat menunggu, perhatikan Kalahan dan hindari skillnya dari jauh.
Ketika Black hole dikeluarkan,
Mercenary - Gunakan super armor buff, Lifesaver
Speed-buffer - Gunakan speed buff agarr party members bergerak cepat.
Lainnya - Segera hajar Kalahan. JANGAN mendekati black hole. Efek hisapnya bisa menarik Anda.
Priest - Miracle Relic
Force User - Time Acceleration
Hajar semaksimal mungkin.
Jika party gagal membunuh Kalahan setelah 60sec (Gunakan Lifesaver sebagai timer).
Mercenary- Gunakan Deva Howl kembali, dan seluruh party member lari menuju sisi bunga ungu untuk menunggu black hole dikeluarkan lagi.
Jika Kalahan menggunakan AOE freeze dan mengeluarkan serangan spesial di HP terakhir saat DPS:
- Sembunyi di bunga yg tepat
- Cek timer, Jika waktu tersisa untuk black hole selanjutnya <30sec, tunggu di sisi bunga ungu
- Jangan menghajar tanpa Lifesaver dan Miracle Relic.
- Tunggu Black hole selanjutnya, dan ulangi strategi. Pastikan Miracle relic dan Lifesaver siap digunakan.
Rewards:
* Green Dragon Boots
* Advanced Armor (Agate) , Weapon (Crystal) and Diamond Potential Code
Stage 6: Green Dragon
Phase 1:
Setelah mengalahkan Kalahan, dan setelah cutscene, seluruh party segera menuju black spot di ilustrasi di bawah, yg merupakan tempat aman untuk semua serangan dragon.
HPx20:
* Claw Attack : berbahaya , ditunjukkan pada zona merah menyala
* Claw Swipe: ditunjukkan pada zona merah gelap
Setelah claw swipe, cakar akan nampak di luar dinding dan bisa diserang selama selama 10 detik. Kesempatan yg bagus untuk DPS.
HPx19.25
Ilustrasi di atas menggambarkan AoE serangan dragon:
Poison Breath : sangat berbahaya, zona hijau
Fire Breath : sangat berbahaya, zona merah
Ice Breath : zona biru. beberapa es akan muncul di atas kepalanya.
Harap diingat hanya ice breath yg akan mengenai party bila berada di black spot. (pojok bawah kiri). Disarankan untuk mengingat casting motion ice breath (perhatikan es di kepalanya). Anda bisa menghindari ice breath dgn berlari ke zona merah/hijau. Biasanya, ice breath tidak akan membunuh siapapun jika paladin memiliki elemental aura and priest cast buff.
Summon Comet: Casting dari skill ini mirip rotating dragon breath milik sea dragon. Diawali dgn efek blur. Setelah itu, AoE skill mencakup seluruh area, selain area celah masuk. Semua party dapat menuju celah dan DPS selama ~10detik. Lari ke zona aman setelah serangan ini berakhir.
* Claw Attack : berbahaya , ditunjukkan pada zona merah menyala
* Claw Swipe: ditunjukkan pada zona merah gelap
Setelah claw swipe, cakar akan nampak di luar dinding dan bisa diserang selama selama 10 detik. Kesempatan yg bagus untuk DPS.
HPx19.25
Ilustrasi di atas menggambarkan AoE serangan dragon:
Poison Breath : sangat berbahaya, zona hijau
Fire Breath : sangat berbahaya, zona merah
Ice Breath : zona biru. beberapa es akan muncul di atas kepalanya.
Harap diingat hanya ice breath yg akan mengenai party bila berada di black spot. (pojok bawah kiri). Disarankan untuk mengingat casting motion ice breath (perhatikan es di kepalanya). Anda bisa menghindari ice breath dgn berlari ke zona merah/hijau. Biasanya, ice breath tidak akan membunuh siapapun jika paladin memiliki elemental aura and priest cast buff.
Summon Comet: Casting dari skill ini mirip rotating dragon breath milik sea dragon. Diawali dgn efek blur. Setelah itu, AoE skill mencakup seluruh area, selain area celah masuk. Semua party dapat menuju celah dan DPS selama ~10detik. Lari ke zona aman setelah serangan ini berakhir.
CATATAN PENTING:
- Perrhatikan urutan skill pada HP x19.25. Pola casting akan sama setelah Summon Comet.
- Sebagai contoh, jika dragon menggunakan claw > poison > ice > flame > summon comet.setelah summon comet, Dia akan cast claw > poison > ice > flame > summon comet kembali.
- Pada 17.25x HP, dragon akan keluar masuk dan menuju phase 2. Class lemah akan mengalami damage besar bila terlalu dekat dengan celah.
Aktivasi Heraldic Device
Dalam stage 1 sampai 5 di GDN, Anda memperoleh "Cleansing Totem" setelah mengalahkan boss.
Mereka dapat digunakan untuk mengaktifkan heraldy device (lokasi totem ada di ilustrasi di atas).
CATATAN PENTING:
1. JANGAN menuju Heraldic totem saat notifikasi 'Heraldic Device can be activated' .
2. Jika nekat Anda akan terbunuh oleh Poison Breath
3. Pastikan dragon tidak akan cast Poison Breath sebelum menuju device.
Aktivasi device memberikan kekebalan selama 15 detik. DPS semaksimal mungkin pada 15 detik tersebut.
Akan tetapi, biasanya party tidak menggunakan totem ini.
Setelah mencapai HP x17.25, Dragon akan menjebol dinding dan party Anda Harus berlari ke Phase 2 Chamber B, seperti gambar di atas. Segera berlari atau Anda akan tewas. JANGAN BERHENTI di Chamber A atau Anda akan tewas. Speed-buffer sangat membantu di sini.
Mobs akan muncul di Chamber B. Dragon akan tetap di Chamber A, dan tidak akan menyerang pada tahap ini. Akan tetapi hanya hanya memiliki 40 detik untuk membinasakan semua mobs di Chamber B, atau seluruh party akan tewas.
Jika Anda berhasil membinasakan mobs dalam 40 detik, Dragon akan mengejar Anda, dan Anda marus berlari ke Chamber C. Mobs aan muncul di sini., dan Anda harus membinasakan semua mobs dalam 40detik atau seluruh party akan tewas.
Setela itu, party akan teleport ke area Phase ketiga.
Phase 3:
Zona pertempuran kali ini cukup luas seperti gambar di atas. Dragon akan berada di tengah zona.
Akan ada 2 Heraldy Tower di kedua ujung zona (Diberi simbol P1, P2, P3, P4 sesuai urutan aktivasi) .
Setelah sampai pada zona ini, seluruh party (dengan Holy Shield) segera menuju spot 'Tail Right', yg cukup aman.
Paladin tetap di depan dragon sampai seluruh party mencapai spot 'Tail Right'.
Serangan dasar Boss mulai di HP x17:
3 Hits Tail Swipe: Berbahaya. menggunakan ekor untuk menghantam tanah, dan menyapunya ke kanan dan kiri. Dragon tidak akan menggukana skill ini bila paladin menggunakan provoke di depan Dragon.
Bite: Hanya mengenai area depan.
Claw Swipe: Mirip Phase 1.
Stomp: Mengangkat 2 kaki depan. memiliki damage gelombang kejut. Akan disusul tail swipe ke depan. Sangat berbahaya.
Wing Attack: Berbahaya. mengangkat kaki dan mengepakkan sayap. AOE di sekitar perutnya. Party yg berada di area kaki belakang hingga perut akan terdorong ke kepala dragon dan menerima damage tinggi.Sat yg tepat untuk DPS di ekor atau bagian belakang kaki belakang. Dragon tidak akan menggunakan skill ini bila terkena provoke Paladin.
Serangan baru boss di HP x15.25:
Poison Breath: Sangat berbahaya. Punggung leher (Spine) Dragon menyala hijau. Ada dua jenis Poison Breath: Berbentuk kipas - Mengenai area di sekitar cakarnya bila dia menolehkan kepala. Jenis lainnya, Frontal Straight Breath hanya akan keluar pada HP 8.25x atau kurang. Kedua jenis Poison breath mengenai area depan saja,karena DPS berada di belakang kaki belakang, sehinga aman dari serangan ini. maka bila Dragon menyala hijau, Berarti lampu hijau untuk menyerang dragon.
Toxic Spray: Punggung leher (Spine) dragon akan menyala hijau. Dragon mengangkat kepala dan mengaum. Toxic spray akan disemburkan ke atas. damage kecil, saat yg tepat untuk DPS.
Flame Tornado: Sangat berbahaya. Spine akan menyala merah sebelum casting. Kaki depan kiri akan menyala merah dan diangkat. Flame tornado akan muncul dari cakar depan hingga ekor.Dapat diblock dengan relics/mirrors. tetap di Tepi map di belakang ekor juga aman. Anda bisa bersembunyi di depan dragon di dekat pinggiran kiri/kanan map, tapi Anda akan rentan terkena poison breath. Dapat diblock dengan shield block/avatar.
Magic Eye: Leher punggung (Spine) dragon akan menyala putih. Sebagian party akan mendapatkan simbol mata. SEMUA party harus satu tempat (menyatu) dengan party yg memiliki simbol mata, jika tidak akan menerima damage tinggi (bahkan bisa langsung tewas). Disarankan untuk menyatu (overlapping) di spot tail left/right (lihat gambar di atas). Saat menyatu party dapat melakukan DPS pada Dragon. Jika relics/summon terkena simbol mata, party harus menyatu dengannya. Segera menyebar setelah simbol mata menghilang, semua party bisa terkena bind vine bila berkumpul saat serangan berakhir.
Hp x 15.25, 12.25, 9,25, 6.25: Menghancurkan Heraldic Towers
Pada HP x15.25, Spine akan menyala hijau. Notifikasi 'Destroy Heraldic Tower (hancurkan Heraldy tower)' akan muncul di layar. Efek Screen blurring muncul dan menghilangakn semua buffs dan menyebabkan efek "slow" pada seluruh party. Priest segera cast Curing Relic dan cast buff; Tinkerer/Acrobat cast speedup buff.
Segera party harus menuju Tower 1 dan menggunakan high super armor break skill (Summon comet, Manticore Gravity ball, dst) untukmenghancurkan tower dgn cepat. Tower yg aktif secara berurutan sesuai dengan ilustrasi (1 ke 4, pada HP 15.25x, 12.25x, 9.25x, 6.25x )
Jika party gagal menghancurkannya, Dragon akan terbang dan cast poison breath, membunuh seluruh party.
Jika party berhasil menghancurkan tower, Buff kebal (invincible) (icon hijau) akan diperoleh seluruh party Saat semua party berada di platform tengah (Lihat ilustrasi di atas). Gunakan kesempatan ini untuk hajar Dragon sebelum dia terbang.
Saat Dragon terbang, seluruh party harus segera berkumpul di platform tengah (lihat gambar di atas) yg akan menyala setelah tower hancur. Jika gagal, seluruh party tewas. Poison breath akan mengenai seluruh area, selain platform di tengah.
Setelah berkumpul di tengah dan mendapatkan protection buff, seluruh party harus menuju tepi kanan/kiri map. Jika P1 aktif, berlari ke spot 'Sky Right'. Bila P2, P3 atau P4 aktif, berlari ke spot 'Sky Left' (lihat gambar di atas)
Setelah selesai menggunakan Poison Breath,Dragon akan berada di tepi map untuk sementara waktu. Seluruh party harus menuju tepi map dan amati Dragon. Dia bisa mengeluarkan skill berikut ini selama masih berada di udara:
Serangan udara Boss di HP x15.25
Gigantic Flame Ball: Sangat berbahaya. Dragon spine/crest akan menyala merah. Bola api raksasa akan muncul di cakarnya di area tengah map (red zone in the figure below). Bola api akan dilempar dan mengenai seluruh area. Seluruh party akan tewas kecuali bersembunyi dibalik tebing di tepi map.
Gigantic Ice Ball: Sangat berbahaya. Gerakan casting mirip dengan gigantic fire ball, hanya saja warnanya putih. Menghantam separuh area depan (hinggu 2 meter dari pillar pertama).
Dragon akan mendarat beberapa detik setelah casting fire / ice ball. Kesempatan bagus untuk menghajar dragon sebelum dia terbang kembali.
Summon Monsters: hanya muncul setelah Hp x11.25. Summon beberapa moster (Boss di Islah Village). mundur ke sky spot left/right jika dragon belum mengeluarkan fireball.
Poison Dive Breath: dapat dihindari dengan tetap di pinggir map.
Serangan boss baru dari HP x12.25
Vine Grip: Dragon akan mengangkat kaki depan kanan dan ekor naik ke kanan sebelum casting. saat kaki/ekor menghantam tanah, beberapa party member akan terikat vine/akar. Warna spine netral (bukan hijau, merah atau putih). seluruh party members harus segera menyebar. Jika ada yg terikat, selamatkan seperti Ice Bind di Sea Dragon.
Dapat dihindari dengan melumpat saat kaki/ekor menghantam tanah. Gunakan skill yg memberi waktu melayang di udara.
Jika terikat, menyebabkan fixed damage tinggi (hit pertama 55k, per detik 3000 selama 10detik, final hit 130k.). membutuhkan 210K HP untuk bertahan.
Serangan boss baru dari HP x9.25
Summon Twin Skeleton Minotaurs: muncul pertama di HP x9.25. Dragon crest akan berubah ungu dan terbang ke udara secra vertikal. setelah 10 detik, Dragon akan summon 2 skeleton minotaur: merah dan biru.Tanduk Dragon akan berubah warna (merah atau biru) tiap 10 detik. Minotaur dengan warna yg sama dengan tanduk, harus dibunuh dalam 15 detik, atau seluruh party akan tewas. Jika party berhasil membunuh minotaur yg tepat dibawah 15 detik, Magic circle akan muncul, segeralah ke sana untuk menghindari skill dragon.
IMPORTANT NOTE:
- Saat 1 minotaur tewas, yg lain akan menghilang.
- Anda bisa membunuh kedua minotaur. Hal ini tidak disarankan karena dapat mengacaukan waktu kill (15 detik) dan minotaur dengan warna yg tepat dapat menghilang. Biasanya, Mercenary menggunakan Taunting Howl untuk memisah kedua minotaur.
- Pastikan Anda berdiri di magic circle dengan warna yg tepat.
- Pastikan tidak ada cure relic saat berkumpul di magical circle. Cure relic akan menghilangkan buff invincible dan membinasakan seluruh party.
- Mercenary gunakan super armor buff, berjaga-jaga bila ada mobs yg mendorong keluar magic circle.
- Saat dragon mendarat setelah serangan ini, akan muncul aftershock damage. melompat untuk menghindar.
- Mercenary gunakan Devastating Howl setelah dragon mendarat bila HP belum mencapai 5.25. Alasan: Flame Tornado dapat membunuh party yg menuju ekor.
Serangan boss baru dari HP x 5.25
Dragon tidak akan menggunakan Fire Tornado dan Magic Eye setelah x5.25.
Scarab Swarm: muncul pada 5.25xHP. Sangat berbahaya. Boss akan mengepakkan sayap selama 10detik dan tetap mendarat, sebelum terbang. Scarab Swarm akan muncul di kaki membert. Serangan ini menghilangkan buff dan menyebabkan racun yg tidak bisa dihilangkan selama 12detik. Ada 2 saran:
* Gunakan Devastating Howl setelah 10detik setelah mengepakkan sayap, tepat sebelum terbang.
* Coba untuk menghancurkan super armor dragon dengan menghajar kepalanya. Jika super armor dragon hancur tepat waktu, dragon akan terkapar -saat yg tepat untuk menghajar dragon!
Jika kedua cara tersebut gagal, tetap di belakang/depan dragon, karena memiliki area yg lebih luas. Tetap berlari untuk menghindari skill ini (Seperti serangan banteng di stage 5 SDN).
A video showing the cast animation of Scarab Swarm:
http://v.youku.com/v_show/id_XMzM3Njk2NjA4.html
Wooden Meteor: Dark elemental. Induce screen blurring effect. Just keep moving and away from the wall to avoid.
Boss Data
Resist negatif berarti "lemah terhadap".